Tutorial: Mengunduh Data Keuangan Dari Yahoo! Finance

Seringkali, dalam melakukan perhitungan dalam bidang keuangan, kita kesulitan memperoleh data, contohnya data harga saham. Ada beberapa penyedia data pasar keuangan yang populer digunakan oleh kalangan akademisi, misalnya saja Bloomberg L.P., Capital IQ, OSIRIS, Google Finance, Thomson Routers dan Yahoo! Finance. Dalam kesempatan kali ini, penulis akan membahas Yahoo! Finance karena data yang disediakan dapat diunduh secara gratis.

1. Bukalah halaman Yahoo! Finance atau ketik url http://finance.yahoo.com di addres bar pada browser anda.


2. Ketik kode emiten yang hendak anda unduh pada kotak, misalnya anda ingin mengunduh data historis saham PT Telkom, maka kode emitennya adalah TLKM.JK lalu klik GO. Kode emiten untuk perusahaan yang terdaftar di bursa efek indonesia terdiri dari empat huruf dan diikuti oleh "*.JK" yang mewakili kata Jakarta atau Bursa Efek Indonesia (BEI) yang sebelumnya bernama Bursa Efek Jakarta (BEJ) sebelum bergabung dengan Bursa Efek Surabaya.




3. Selanjutnya anda akan melihat ringkasan kondisi keuangan PT Telkom Indonesia, untuk mengunduh data historis klik Historical Price pada halaman tersebut.


4. Tentukan periode amatan pada kotak dialog beserta frekuensi data yang hendak diunduh. Misalnya saja anda hendak mengunduh data mulai dari 1 Agustus 2015 hingga 28 Agustus 2015 dengan frekuensi data harian (daily). Setelah selesai, klik Get Price.



5. Selanjutnya scroll halaman web ke bawah hingga tampak seperti dibawah ini:

Data kemudian dapat diunduh dengan mengklik Download to Spreadsheet, lalu anda dapat melihat hasil unduhan pada tab Download dengan nama file table.csv.
6. Hasil unduhan tersebut dapat dicek dengan menggunakan berbagai perangkat lunak, pada kesempatan ini file tersebut dibuka  dengan menggunakan Microsoft Excel 2012.


Setelah dibuka maka tampilan pada jendela Micorosoft Excel 2012 akan tampak seperti di bawah ini

Demikian tutorial singkat mengenai cara mengunduh data harga saham melalui website Yahoo! Finance. Apabila dalam proses mengunduh anda bingung atau menghadapi permasalahan, silakan menuliskan komentar pada posting ini. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Tabel (Siap) Publikasi di Stata

Triangulasi (Metode Campuran)