Membuat Tabel (Siap) Publikasi di Stata


Sering kali dalam penulisan laporan ilmiah, kita perlu mengabungkan beberapa tabel hasil kalkulasi dari perangkat lunak statistik ke pengolah kata (word processor) seperti Microsoft Word sebelum menjadi laporan. Alur kerja yang biasa digunakan sebagai mahasiswa pada umumnya adalah dengan memindahkan tabel keluaran dari software statistik ke Microsoft Excel satu persatu dan melakukan formatting secara manual. Setelah itu, tabel yang sudah digabung tadi dipindahkan ke Microsoft Word, formatting lagi, dan baru siap untuk dilaporkan. Nah, bagaimana jika ada lebih dari 30 output yang harus kita satukan untuk bisa menjadi seperti ini?

Sumber: De Jong, A., Kabir, R., & Nguyen, T. T. (‎2008, page 34-36)

Pada kesempatan ini, kita akan membahas cara singkat untuk mempermudah proses kerja tersebut dengan menggunakan fungsi tambahan outreg2 pada STATA. Fungsi in merupakan hasil dari buatan pengguna (user-written), sehingga terlebih dahulu kita perlu meng-install outreg2 dengan perintah:
ssc install outreg2
Jendela STATA akan tampak seperti gambar dibawah ini  dan menandakan proses instalasi telah selesai. Pengguna hanya perlu meng-install sekali saja untuk setiap komputer dan tidak perlu mengulang perintah install  ketika menjalankan do-files.




Contoh Aplikasi Dalam Regresi Linear

1. Buka Do-files editor dan ketik script dibawah ini: (atau unduh disini)


2.  Jalankan do-files (Ctrl+R) dan result window akan menunjukkan  hasil seperti gambar 2 yang menandakan program telah sukses dilaksankan. Perlu diperhatikan untuk model pertama menggunakan opsi replace untuk membuat tabel baru, sedangkan untuk model ke-2 dan seterusnya menggunakan fungsi append untuk menggabung setiap tabel baru ke tabel-1 (lebih lengkapnya silakan baca dokumentasi outreg2 pada link dibawah)

3. Pada jendela hasil (result window), klik result1.doc (anda bisa mengganti nama output file dengan nama sendiri pada do-files diatas atau dengan format file yang berbeda seperti: *.xls atau *.tex) untuk menampilkan tabel hasil regresi.


4. Tampilan tabel keluaran hasil regresi dari beberapa model dengan menggunakan Microsoft Word.

5. Tabel output masih dapat dimodifikasi dengan berbagai opsi dari outreg2,misalnya: 
  • label : mengganti nama variable dengan label variable
  • nose :tabel output  tanpa standard error 
  • tstat :menampilkan t-statistik dibwah keofisien
  • pvalue :menampilkan p-value dibwah koefisien
  • noaster :menghilangkan tampilan (*) untuk menandakan statistikal signifikan.
  • dec(#) :mengatur angka desimal yang dilaporkan di tabel (dimana # adalah nilai bilangan bulat antara 0 dan 11)
Selain list diatas, masih banyak opsi-opsi dari fungsi outreg2 yang bisa anda coba dengan
membaca dokumentasi dari :
 help outreg2

Membuat Ringkasan Statistik

Pengguna juga bisa membuat tabel ringkasan statistik dengan menggunakan perintah:
sysuse auto, clear
outreg2 using sum1.doc, replace sum(log)
 Pada jendela hasil, pengguna dapat melihat hasil ringkasan statistik:

Klik sum1.doc untuk menampilan output pada Microsoft Word:

Demikian tutorial singkat tentang pembuatan tabel publikasi dan ringkasan statistik. Semoga dapat membantu anda untuk pembuatan jurnal maupun publikasi ilmiah yang berkualitas.



Klik disini untuk mengunduh do-file yang dipergunakan dalam postingan ini.

Referensi:

De Jong, A., Kabir, R., & Nguyen, T. T. (2008). Capital structure around the world: The roles of firm-and country-specific determinants. Journal of Banking & Finance, 32(9), 1954-1969.

Torres-Reyna, Oscar. (2014). "Using outreg2 to report regression output, descriptive statistics, frequencies and basic cross-tabulations", Princeton University.

outreg2 documentation click [here]

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial: Mengunduh Data Keuangan Dari Yahoo! Finance

Triangulasi (Metode Campuran)