Citasi (2) : Penggunaan Menu References Pada Microsoft Word 2007

Dalam penulisan karya ilmiah, hal yang paling merepotkan kita adalah ketika kita membuat daftar pustaka. Daftar pustaka memiliki aturan atau tatacara penulisan tersendiri. Dalam ilmu pengetahuan sosial pada umumnya gaya penulisan daftar pustaka itu mengikuti aturan American Psychology Association, Chicago, atau gaya Turabian. Asingnya kita dalam menulis dengan gaya ini membuat kita cenderung dipusingkan dan menghabiskan banyak waktu untuk melakukan upaya ini. Tidak jarang (pengalaman penulis) melihat mahasiswa dalam melakukan laporan penelitian menggunakan tatacara penulisan daftar pustaka yang campur aduk dan melakukan improvisasi-improvisasi sekenanya. Hasilnya adalah daftar pustaka tersebut disusun berdasarkan gaya-gaya atau aturan penulisan yang berbeda-beda sehingga menjadi campur aduk baik gaya dan bahasa yang digunakannya.

Alasan penulis mencatat pada blog ini mengenai tata cara pengutipan dan penggunaan fungsi references pada program Microsoft Office Word 2007TM , karena sering kali penulis menjumpai banyak orang tidak tahu adanya fasilitas ini, padahal memungkinkan secara otomatis menyajikan daftar pustaka berikut citasinya pada paragraf-paragraf karya ilmiah kita.

Perhatikan fragmen dari karya ilmiah berikut,

Pemrograman mental dapat dianalogikan sebagai sistem operasi biologis pada manusia. Keunikan ini pada tingkat universal merupakan hal yang dibagikan pada setiap manusia, pada tingkat kelompok atau kolektif pemrograman mental dibagi pada anggota kelompok itu, dan pada tingkat individu merupakan kepribadian seseorang, tidak ada dua orang memiliki mental yang benar-benar identik (Hofstede, 1980). Dari kedua konflik yang dikemukakan Denison dan Spreitzer dasarnya adalah manusia menginginkan kerjasama dalam mencari solusinya, walaupun pikiran mereka berbeda-beda sesuai dengan pemrograman mentalnya (Hofstede, Hoftsede, dan Minkov, 2010).
Dalam fragmen karya ilmiah tersebut terdapat dua kutipan milik Hofstede dengan tahun yang berbeda, langkah prosedur yang dilakukan untuk melakukan kutipan tersebut kita bisa membuka fasilitas reference, yaitu references > manage sources. Setelah itu akan muncul pallete window seperti formulir yang akan kita gunakan untuk mengisi daftar pustaka kita.

 




Setelah di klik maka akan muncul pallete window sebagai berikut,




Setelah itu klik tombol new, sehingga muncul pallete window tambahan seperti dibawah ini,






Setelah muncul maka kita akan isikan sesuai dengan sumber karya ilmiah yang kita miliki. Misalnya kita ingin mengutip dari jurnal penelitian. Type of Source adalah sumber kutipan kita dari mana, pastikan bahwa kita memilih dengan benar, kemudian isikan pada kolom-kolom Author, Title, Journal Name, dan seterusnya. Jika ingin memberikan informasi tambahan maka klik Show All Bibliography Fields.







Setelah selesai mengisi kolom tersebut klik OK, tetapi jangan keluar dulu karena kita masih memiliki satu daftar bacaan yang akan kita masukan kedalam basis data kita. Untuk membuat entri acuan Buku Teks misalnya lakukan hal yang sama seperti diatas tinggal mengubah Type of Source menjadi Book sebagai sumbernya.









Setelah selesai mengisi klik OK, sekarang tinggal kita membuat daftar pustaka kita dari basis data yang sudah kita miliki. Jangan lupa untuk memilih gaya penulisan daftar pustaka, yaitu dengan klik menu references > style (pilih gaya APA, Turabian, Chicago, dll).

Jika ingin mencantumkan citasi, klik menu references > insert citation (pilih citasinya), dan untuk membuat daftar pustaka, silahkan klik menu references > bibliography > insert bibliography (untuk static text) atau (pilih built in). Contoh disini menggunakan built in.








Seperti berikut ini hasil akhirnya, jangan lupa untuk klik Update Citations and Bibliography untuk setiap penambahan daftar pustaka.




Demikian tutorial penggunaan menu references pada MS.WORD kali ini. Fungsi ini sangat membantu sekali bagi kita semua yang berkecimpung dalam dunia akademis, baik mahasiswa, peneliti, maupun pengajar, karena kita akan terbantu dengan mengeliminasi pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan tata tulis daftar pustaka yang sangat merepotkan dan menuntut konsistensi dan ketelitian tinggi. Selain itu, dengan menggunakan fungsi ini kita memiliki basis data daftar bacaan kita, dan menggunakan program MS.WORD dengan lebih berbudaya.

Selamat mencoba!





Comments

Popular posts from this blog

Tutorial: Mengunduh Data Keuangan Dari Yahoo! Finance

Membuat Tabel (Siap) Publikasi di Stata

Triangulasi (Metode Campuran)