Tutorial: Mengunduh Data Harga Saham Menggunakan STATA

Pada thread sebelumya, penulis membahas tentang cara mengunduh data harga saham dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Excel. Thread ini masih dengan topik bahasan yang sama dengan sebelumnya namun dengan menggunakan STATA sebagai media aplikasi pengunduh.
Secara sekilas STATA merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk keperluan bidang ekonomi, sosiologi, dan epidemiologi dengan fitur seperti manajemen data, analisis statististik, grafik, pemrograman, dan lain-lain. Bila dibandingkan dengan perangkat lunak statistik yang umumnya digunakan dikalangan akademisi, STATA diibaratkan gabungan antara software lain (khusus SPSS dan Eviews) dan STATA lebih banyak menggunakan command atau perintah yang harus diketikan dalam menjalankan aplikasi-aplikasinya. 
Berikut ini tutorial cara mengunduh data harga saham menggunakan STATA:
  1. Jalankan Perangkat Lunak STATA, penulis menggunakan STATA versi 12 untuk Mac. Pastikan laptop atau komputer anda terhubung dengan jaringan internet. Tampilan antarmuka STATA versi 12 akan tampak seperti gambar dibawah ini.

  2. Anda perlu mengunduh script untuk perintah mengunduh data harga saham. Script tersebut dapat diinstall dengan mengetikkan ssc install stockquote di jendela command.


  3. Jika proses penginstallan selesai, akan tampak output seperti gambar dibawah ini yang menunjukkan bahwa proses instalasi aplikasi stockquote telah berhasil.

  4. Saat ini anda bisa memulai mengunduh namun ada beberapa syntax yang patut diketahui sebelum menggunakan aplikasi stockquote.

stockquote <ticker symbol>, fm(first month) fd(first day) fy(first year) lm(last month) ld(last day) ly(last year)frequency(d|w|m)

5. Setelah memahami syntax tersebut, anda dapat memulai mengunduh data harga saham. Misalnya, anda saat ini berkeinginan untuk mengunduh data harga saham PT Bank Negara Indonesia dan simbol ticker dari emiten tersebut adalah BBNI.JK (anda dapat mengetahui simbol tiker dari setiap emiten dengan mengunjungi halaman web Yahoo! Finance atau dengan mengunjungi thread ini) mulai dari 1 Juli 2014 hingga 1 Desember 2014. Maka, perintah yang perlu anda masukkan pada kotak command adalah:

stockquote BBNI.JK, fm(7) fd (1) fy (2014) lm(8) ld(1) ly(2014) frequency(d)


Tekan tombol enter pada keyboard setelah anda mengetik baris perintah tersebut untuk mengeksekusi perintah program.

6. Proses penguduhan akan membutuhkan waktu,  tergantung pada panjangnya waktu yang diunduh dan frekuensi data. Tunggulah beberapa saat hingga muncul tampilan seperti dibawah ini yang menandakan proses pengunduhan data telah selesai.

Demikian tutorial singkat mengenai cara mengunduh data saham menggunakan perangkat lunak statistik STATA versi 12. Apabila anda menemui kesulitan dalam proses persiapan maupun pengunduhan, silakan meninggalkan komentar pada post thread ini.

Comments

Popular posts from this blog

Tutorial: Mengunduh Data Keuangan Dari Yahoo! Finance

Membuat Tabel (Siap) Publikasi di Stata

Triangulasi (Metode Campuran)